Monday, January 28, 2019

Solid Gold | Market Outlook, 28 January – 1 February 2019

Market Outlook, 28 January – 1 February 2019 - Solid Gold

SOLID GOLD PAELMBANGMinggu lalu pasar modal di Indonesia bergerak menguat didukung sentimen positif yang berhembus dari bursa kawasan Asia dan global yang menanjak seminggu ini meskipun di akhir minggu muncul berita ketidakpastian hasil negosiasi dagang AS – China. 

Secara mingguan IHSG ditutup menguat 0.54% ke level 6,482.843, mencatat posisi 10 bulan tertingginya. Untuk minggu berikutnya (28 Januari – 1 Februari  2019), IHSG terlihat masih tetap bertenaga untuk lanjutkan garis uptrend, namun sejenak akan dihadang aksi profit taking, dengan tetap mengacu kepada fundamental bursa kawasan. Secara mingguan, IHSG berada antara resistance level di 6500 dan kemudian 6630, sedangkan support level di posisi 6302 dan kemudian 6262.

Mata uang rupiah secara mingguan menguat 0.56% ke level Rp14,185, sementara dollar di pasar global terpeleset setelah para trader beralih fokus ke pertemuan the Fed berikut ini. Kurs USD/IDR pada minggu mendatang diperkirakan berada dalam range antara resistance di level 14,230 dan 14,488, sementara support di level Rp13,990 dan Rp13,943.

Untuk indikator ekonomi global, pada pekan mendatang ini akan diwarnai sejumlah data ekonomi penting. Secara umum sejumlah agenda rilis data ekonomi global yang kiranya perlu diperhatikan investor minggu ini, adalah:

Dari kawasan Amerika: berupa rilis data Existing Home Sales pada Selasa malam; disambung dengan rilis Flash Manufacturing PMI dan Crude Oil Inventories pada Kamis malam ; berikutnya data Prelim UoM Consumer Sentiment pada Jumat malam.

Dari kawasan Eropa dan Inggris: berupa rilis data Average Earnings Index 3m/y dan German ZEW Economic Sentiment pada Selasa sore; diikuti dengan pengumuman Main Refinancing Rate dari ECB pada Kamis sore yang diperkirakan bertahan di level rendah 0.00%; diakhiri dengan rilis German Ifo Business Climate pada Jumat sore.
Dari kawasan Asia Australia: berupa rilis data GDP q/y China pada Senin pagi; kemudian pengumuman BOJ Policy Rate pada Rabu pagi yang diperkirakan bertahan di level negative rate -0.10%.

Pasar Emas

Untuk pasar emas, minggu lalu terpantau melompat ke level 7 bulan tertingginya di akhir pekan oleh dollar yang tergelincir menjelang pertemuan the Fed minggu berikut ini, sehingga harga emas spot melonjak tajam ke level $1303.32 per troy ons. Untuk sepekan ke depan emas akan berada dengan rentang harga pasar antara resistance di $1308 dan berikut $1325, serta support pada $1276 dan $1253.

Segera mengakhiri bulan pertama di tahun 2019 ini, pasar terpantau cukup fluktuatif di berbagai instrumen investasi. Sebagian investor mungkin menyebutkan bahwa pasar sedang kurang jelas arahnya. Sebagian lagi memandang ini sebagai kesempatan untuk suatu active trading karena dinamika pasar yang lumayan belakangan ini. 

Tentunya ini semua harus didukung dengan skill dan knowledge yang updated dengan indikator pasar terkini. Bersama vibiznews.com Anda bisa mengembangkan hal-hal tersebut secara optimum. Selamat menuai lebih lagi sukses Anda di tahun ini - SOLID GOLD

Baca Juga : 


No comments:

Post a Comment