Friday, November 30, 2018

Solid Berjangka | Bunga Acuan AS hingga Harga Minyak Dunia Bikin Rupiah Menguat

Bunga Acuan AS hingga Harga Minyak Dunia Bikin Rupiah Menguat - Solid Berjangka

SOLID BERJANGKA PALEMBANGNilai tukar rupiah sepanjang hari ini tercatat mengalami penguatan. Bank Indonesia (BI) menyebut penguatan rupiah hari ini memang cukup tajam ke Rp 14.330 kemudian ditutup di level Rp 14.375 atau menguat dibandingkan penutupan Rabu (28/11).

Direktur Eksekutif Departemen Pengelolaan Moneter BI Nanang Hendarsah menjelaskan penguatan ini dipicu oleh pernyataan Gubernur Bank Sentral Amerika Serikat (AS), 

Jerome Powell yang memperlunak pandangannya atau stance kebijakan suku bunga acuan yang menjadi netral.

Pernyataan Powell tersebut semakin memperkuat meyakinkan pasar bahwa tren kenaikan FFR sudah mendekati akhir. Setelah kenaikan di bulan Desember nanti, pasar memperkirakan hanya ada satu kali kenaikan di tahun 2019," kata Nanang di Gedung BI, Jakarta Pusat, Kamis (29/11/2018).

Dia mengungkapkan BI mencermati dampak dari dinamika global tersebut terhadap penguatan rupiah, dan melihat ruang yang masih besar bagi penguatan lebih lanjut. 

Hal ini karena rupiah sempat melemah cukup tajam selama 2018 sehingga penguatan saat ini masih cukup wajar.

Penguatan Rupiah ini juga menunjukkan kepercayaan investor global terhadap perekonomian Indonesia yang semakin kuat, karena respon kebijakan moneter dan fiskal yang konsisten dan prudent dalam merespon tantangan global dan domestik termasuk dalam mengendalikan defisit neraca transaksi berjalan, imbuh dia.

Dia menambahkan arus modal global ke pasar sekunder SBN selama November 2018 telah mencapai Rp 31,8 triliun, dan sepanjang tahun 2018 (YTD) telah mencapai Rp 63 triliun.

Mengutip data Reuters dolar AS tercatat Rp 14.369 dengan level terendah hari ini Rp 14.324. Kemudian dari data Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) tercatat Rp 14.408 - SOLID BERJANGKA 

Baca Juga : 



No comments:

Post a Comment