Thursday, March 16, 2017

SOLID GOLD BERJANGKA | The Fed Resmi Menaikan Suku Bunga Acuan

SOLID GOLD BERJANGKA  - The Fed Resmi Menaikan Suku Bunga Acuan
SOLID GOLD BERJANGKA PALEMBANG  -  Berita (16/03) The Fed beberapa jam lalu mengumumkan  menaikkan suku bunga acuannya dengan pertimbangan memfasilitasi  membaiknya perekonomian bangsa tersebut. The Fed mengangkat suku bunganya seperempat basis poin ke kisaran 0,75% sampai 1%.
Kenaikan suku bunga Fed ini dilakukan kedua kalinya dalam 3 bulan terakhir setelah pada pertemuan mereka yang terakhir tahun 2016 sudah dinaikkan dengan tingkat yang sama. Dalam pertemuan mereka akhir tahun lalu sudah disampaikan juga pada tahun 2017 mereka akan menaikkan suku bunga atau Fed rate hike sebanyak 3 kali, berarti tinggal 2 kali lagi mereka akan tinggikan suku bunganya dengan keyakinan pertumbuhan ekonomi negara mereka semakin kuat.
Sebelum pertemuan FOMC selama 2 hari ini, Ketua Fed Janet Yellen sudah memberikan sinyal kuat untuk menaikkan suku bunga bank sentral Amerika Serikat bersama dengan beberapa pejabat tinggi Fed lainnya pada awal bulan.  Dan memang, setelah komentar-komentar hawkish petinggi Fed tersebut data ekonomi yang dirilis menunjukkan peningkatan seperti tingkat pengangguran turun menjadi 4,7% pada bulan Februari, inflasi naik sebesar 2,2% yoy dibandingkan dengan tahun lalu yang sejalan dengan target inflasi The Fed.
Selanjutnya  Fed juga menargetkan 1,9% untuk perkiraan PCE inflasi tahun 2017 dan memproyeksikan pertumbuhan ekonomi alias PDB sama seperti yang mereka targetkan akhir tahun lalu yaitu 2,1% untuk PDB tahun 2017 dan 2018, 1,9% untuk PDB 2019 dan pertumbuhan jangka panjang 1,8%.
Dalam konferensi pers pasca-pertemuan mereka, Ketua Fed Janet Yellen mengatakan kenaikan suku bunga hari ini “bukanlah hasil dari pengkajian  ulang terhadap  prospek ekonomi, atau merupakan kebijakan yang disukai.  -   SOLID GOLD BERJANGKA

No comments:

Post a Comment