Tuesday, January 31, 2017

SOLID GOLD | 5 Bentuk pertahanan diri hewan paling aneh

SOLID GOLD  -  5 Bentuk pertahanan diri hewan paling aneh

SOLID GOLD PALEMBANG   -  Seputar info (31/01) Setiap makhluk hidup, tentu memiliki sistem pertahanan diri tertentu. Berbagai jenis hewan, bahkan manusia, punya sistem pertahanan diri jika ia dalam bahaya.

Beberapa hewan bahkan punya sistem pertahanan diri yang unik. Seperti cumi-cumi dengan semburan tintanya, atau cicak yang memutuskan ekornya.

1. Sotong kamuflase

Sotong punya tentakel di area mulut dan mampu menyemburkan tinta layaknya cumi-cumi atau gurita. Namun bukan itu yang pertahanan terbaik yang dimilikinya. Sotong punya kemampuan yang sangat menakjubkan dalam hal kamuflase. Sotong mampu memperlihatkan warna kulit yang tiba-tiba cerah jika ia sedang diincar predator. Tak cuma itu, dia bahkan bisa berubah bentuk jadi sesuatu yang sangat berbeda dari bentuk aslinya. Hal ini tak dilakukan untuk menghindari predator saja, namun juga untuk mencari pasangan.


2. Kadal penyembur darah

Spesies kadal bertanduk dari Texas ini punya cara bertahan yang cukup ekstrem. Hewan dengan nama ilmiah Phyrnosoma cornutum ini punya tanduk yang banyak dan mengerikan untuk bertahan dari musuh.

Namun yang jauh lebih ekstrem adalah ketika ia terancam, rongga hidungnya akan tertekan dan pembuluh darah di matanya akan menyembur keluar. Semprotan darah ini digunakan untuk menyerang musuh. Darah dari mata kadal ini bisa menyembur hingga 1,5 meter jauhnya. ketika melakukan ini, sepertiga darah dari sang kadal menghilang.


3. Burung muntah

Burung yang punya nama Eurasian roller birds ini, punya cara yang unik untuk mempertahankan diri dari predator. Burung cantik ini akan memuntahkan cairan berwarna oranye dan berbau tajam ketika ia akan dimangsa. Tentu si pemangsa langsung jijik jika melihat hal ini. Bau yang tajam ini juga penanda bagi para burung lain untuk kembali ke sarang karena ada banyak ancaman.


4. Belalang yang mampu berubah jadi ranting

Belalang ranting adalah jagoan dalam hal kamuflase. Ia mampu meniru warna dan tekstur dari pohon di hutan yang dia hinggapi. Ia pun tiba-tiba terlihat seperti patahan ranting biasa, dan bahkan makin mirip lagi karena dia bisa menggantung. Lebih unik lagi, jika ia masih tertangkap oleh predator, ia bisa melepaskan kakinya dan dapat menumbuhkan kakinya lagi.

5. Timun laut yang mampu membunuh menggunakan pantat

Timun laut memang punya nama yang unik, namun ia cukup mematikan. bagaimana tidak, ketika terancam, ia bisa merilis racun bernama holothurin yang berupa cairan lengket. Uniknya, racun ini dikeluarkan lewat anusnya bersama berbagai organnya untuk mengelabui predator agar dikira ia telah mat

No comments:

Post a Comment