Thursday, October 13, 2016

SOLID GOLD | Cina Telah Membuat Reaktor Nuklir Terkecil

SOLID GOLD  -  Cina Telah Membuat Reaktor Nuklir Terkecil

SOLID GOLD BERJANGKA PALEMBANG   -   Seputar Teknologi masa kini (13/10) Reaktor nuklir memang terdengar berbahaya, namun keberadaannya bisa membantu manusia menyelesaikan masalah ketersedian listrik. Dan China baru saja membawa penelitian teknologi reaktor nuklir ke level yang lebih tinggi.

China dilaporkan sedang mengembangkan reaktor nuklir terkecil di dunia dalam lima tahun mendatang. Dari laporan yang dikeluarkan Daily Mail, ukuran reaktor ini hanya 6,1 meter kali 2,6 meter.

Hasilnya, reaktor bernama Hedianbao ini muat dimasukkan truk kontainer. Tentu ukuran yang kecil bila dibandingkan dengan reaktor nuklir konvensional yang ukurannya bisa sebesar gedung bertingkat 10.
Meskipun kecil, Hedianbao bisa menghasilkan energi hingga 10 megawatt. Energi sebesar itu cukup untuk menyediakan listrik bagi 50.000 ribu rumah.
Hedianbao rencananya akan digunakan untuk menyediakan listrik di pulau-pulau kecil kawasan Laut China Selatan. Lokasi dekat laut dianggap memudahkan operasional karena ilmuwan China bisa memanfaatkan air laut sebagai sarana pendingin reaktor.
Reaktor nuklir hasil kembangan Institute of Nuclear Energy Safety Technology China ini juga bisa beroperasi hingga ratusan tahun sebelum akhirnya membutuhkan isi ulang bahan bakar nuklir   -  SOLIDGOLD BERJANGKA

No comments:

Post a Comment