Monday, December 23, 2019

Solid Gold | Aset Investasi Membisu Di Hadapan Sentimen Pemakzulan Trump


Aset Investasi Membisu Di Hadapan Sentimen Pemakzulan Trump - Solid Gold 

SOLID GOLD PALEMBANG -  Aset-aset investasi tampak nyaris tidak bergerak sepanjang perdagangan Kamis meskipun dibayangi oleh ketidakpastian dari ketegangan politik AS setelah pemakzulan Presiden AS Donald Trump oleh Dewan Perwakilan AS.

Baik aset berisiko maupun aset investasi aman seperti membisu dihadapkan oleh sentimen tersebut. Berdasarkan data Bloomberg, pada perdagangan Kamis hingga pukul 17.54 WIB, harga emas di pasar spot stabil di level

US$1.474,06 per troy ounce, sedangkan emas kontrak Februari 2020 di bursa Comex stabil di level US$1.478,2 per troy ounce.

Aset safe haven lainnya, yen Jepang yang sering dianggap sebagai tempat yang aman karena status Jepang merupakan kreditor terbesar dunia juga bergerak melemah tipis 0,03 persen menjadi 109,58 yen per dolar AS.

Pasar mata uang pun tidak memberikan pergerakan yang signifikan terhadap sentimen tersebut. Di Asia, penguatan terbesar hanya mampu membukukan kenaikan sebesar 0,2 persen, yaitu won Korea Selatan dan mata uang lainnya tercatat nyaris tidak bergerak.

Selain itu, harga minyak jenis WTI kontrak Januari 2020 di bursa Nymex stabil di US$60,94 per barel, dan harga minyak jenis Brent kontrak Februari 2020 di bursa ICE stabil di level US$66,18 per barel.

Tidak ada aset yang dominan penguatannya pada perdagangan kali ini di tengah sentimen pemakzulan Presiden AS Donald Trump. Pasalnya, hasil voting akan dibawa ke senat yang mayoritas anggotanya merupakan Partai Republika.

Pasar memprediksi proses pemakzulan tidak akan beranjak lebih jauh dari sidang senat, karena kemungkinan besar senat tidak mencopot jabatan presiden dari Donald Trump sehingga ketidakpastian tersebut pun tidak berdampak besar terhadap pasar.

Oleh karena itu, pelemahan dolar AS tidak setajam yang diekspektasikan pasar. Tercatat, indeks dolar AS yang mengukur kekuatan greenback di hadapan sekeranjang mata uang utama hanya melemah 0,12 persen menjadi 97,28 - SOLID GOLD

Baca Juga : 

No comments:

Post a Comment