Thursday, November 7, 2019

PT Solid Gold Berjangka | Sepi Transaksi, PLB Milik ICDX Dibekukan

Sepi Transaksi, PLB Milik ICDX Dibekukan - PT Solid Gold Berjangka

PT SOLID GOLD BERJANGKA PALEMBANG - Pusat Logistik Berikat (PLB) di Pangkalpinang milik Indonesia Commodity and

Derivatives Exchange dibekukan seiring dengan terhentinya aktivitas selama 6 bulan berturut-turut.

Senior Executive Product Innovation ICDX Yoga mengatakan bahwa sejak 4 April2019 sudah tidak terdapat perdagangan fisik timah melalui PLB sehingga mengakibatkan PLB terpaksa dibekukan per 4 Oktober 2019.

Hal itu dikarenakan, sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) nomor 272tahun 2014, PLB yang tidak beraktivitas selama 6 bulan berturut-turut maka akan dibekukan.

Selain itu, jika PLB tersebut tidak beraktivitas selama 6 bulan ke depan atau 12 bulan berturut-turut maka fasilitas PLB akan dicabut, sehingga usulan pengajuan PLB harus memenuhi persyaratan dari awal lagi.

Adapun, sepanjang tahun berjalan 2019 total transaksi perdagangan timah fisik oleh ICDX hanya sebesar 5.738 lot dengan mayoritas transaksi menggunakan mekanisme FOB.

Sementara itu, Yoga mengatakan bahwa menurunnya total transaksi perdagangan timah di ICDX juga disebabkan oleh ketentuan Competent Person Indonesia (CPI) dalam pengajuan Rencana Kerja dan Anggaran Biaya (RKAB) yang belum dipenuhi oleh banyak smelter.

Sebanyak 38 eksportir yang terdaftar di ICDX, Yoga mengatakan bahwa hanya PT Timah Tbk yang melakukan transaksi karena telah memenuhi semua ketentuan untuk melakukan ekspor.

Kendati demikian, Manager Marcom ICDX Yitzhak mengatakan bahwa pihaknya optimistis perdagangan timah fisik melalui ICDX akan kembali ramai dan hanya menunggu momentum saja - PT SOLID GOLD BERJANGKA

No comments:

Post a Comment