Friday, December 28, 2018

Solid Berjangka - Jalan Tol Pertama di Sulut Beroperasi

Jalan Tol Pertama di Sulut Beroperasi - Solid Berjangka

SOLID BERJANGKA PALEMBANGJalan Tol Manado–Bitung Seksi 1B dan 2A mulai beroperasi secara fungsional pada Senin 24 Desember 2018

Tol yang membentang mulai dari Airmadidi hingga Danowudu sepanjang 14,5 kilometer itu merupakan jalan tol pertama di Sulawesi Utara (Sulut). Dibukanya jalan tol ini tentu menjadi kabar gembira bagi masyarakat Bumi Nyiur Melambai.

Tol ini untuk mendukung kelancaran arus mudik dan balik libur Natal dan Tahun Baru terutama di jalur Manado– Bitung,” ujar Gubernur Sulut Olly Dondokambey saat membuka tol tersebut.

Pembangunan Jalan Tol Manado– Bitung sepanjang 39 kilometer ini dibagi menjadi dua tahap, yakni Seksi 1 Manado–Airmadidi dan Seksi 2 Airmadidi– Bitung. Kehadiran jalan tol ini dapat memangkas waktu tempuh dari Manado ke Bitung dari 1,5 hingga 2 jam melalui jalur darat saat ini menjadi 40 menit.

Kegiatan fungsional ini dilaksanakan dalam membantu kelancaran lalu lintas transportasi menjelang Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 serta sosialisasi kepada masyarakat sekitar mengenai keberadaan Jalan Tol Manado–Bitung yang akan beroperasi sebagai jalan tol pertama di Sulut.

”Beroperasinya Jalan Tol Manado–Bitung secara fungsional ini dapat mempersingkat waktu tempuh antara Manado dan Bitung serta sebaliknya bila dibandingkan dengan menggunakan jalan arteri atau non-tol,” katanya.

Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional XV Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Triono Junoasmono mengatakan, selama masa uji coba, pengguna jalan tol tidak akan dipungut biaya alias gratis.

Menurut dia, pengoperasian fungsional ini mulai dari 24 Desember 2018 hingga 5 Januari 2019. Pengoperasiannya dibagi dua bagian, yakni pada 24 Desember hingga 1 Januari dari Airmadidi menuju Manembonembo satu arah dan pada 2 Januari hingga 5 Januari arah sebaliknya dari Manembonembo menuju ke Airmadidi.

”Untuk sementara karena ini sifatnya fungsional, kami buka mulai dari jam 07.00 sampai 17.00 Wita setiap hari hanya untuk kendaraan kecil. Jadi untuk kendaraan besar tidak boleh melewati untuk faktor keamanan,” kata Triono.

Dia berharap jalur fungsional ini dapat memberikan manfaat untuk seluruh masyarakat, khususnya warga Manado dan Bitung dalam merayakan Natal dan Tahun Baru.

”Selama ini masyarakat yang mau ke arah Bitung hanya menggunakan satu akses, yaitu menggunakan jalan nasional. Dengan adanya fungsional ini menjadi tambahan alternatif,” ujarnya - SOLID BERJANGKA 

Baca Juga : 

No comments:

Post a Comment