Tuesday, May 16, 2017

SOLID GOLD | Beberapa Fakta Menarik Tentang Antartika

SOLID GOLD  -  Beberapa Fakta Menarik Tentang Antartika
SOLID GOLD PALEMBANG  -  Dingin adalah satu kata yang akan menggambarkan sebuah benua paling selatan Bumi, yakni Antartika. Meski demikian, banyak hal menarik yang bisa kita temui di benua paling terpencil di dunia tersebut. Antartika sendiri adalah tempat yang sangat menarik bagi para ilmuwan, di mana mereka menghabiskan waktu berbulan-bulan bahkan tahunan, hanya untuk meneliti apa yang ada di sana.
1. Tempat terdingin di dunia
Tak mengejutkan kalau Antartika adalah tempat terdingin di dunia. Namun mungkin Anda tak memiliki gambaran sedingin apa. Suhu rata-rata saja sekitar minus 51 derajat Celcius. Juli selalu jadi bulan terdingin di Antartika dengan suhu rata-rata minus 60 derajat Celcius hingga minus 63 derajat Celcius.
2. Antartika adalah tempat paling kering di dunia
Meskipun Antartika adalah tempat yang tertutup es dan salju, suhu yang sangat dingin justru menjadikannya tempat paling kering di Bumi. Benar, di benua tersebut ada sebuah tempat bernama lembah kering McMurdo atau McMurdo Dry Valleys.
3. Antartika adalah bongkahan es terbesar di dunia
Tak cuma diselimuti es belaka, 98 persen Antartika diselimuti oleh es dengan ketebalan rata-rata hampir 1,5 kilometer. Total, es tersebut menyelimuti 14 juta kilometer persegi dari daratan Antartika. Jika es ini tak ada, Antartika sama sekali tak akan jadi benua.
4. Antartika menyimpan 70 persen air segar di Bumi
Antartika memiliki 90% es yang ada di Bumi. Karena area es yang luas tersebut, 70 persen air segar yang ada di Bumi praktis ada di Antartika. Hal ini membuat jika semua es di Antartika meleleh, air laut akan naik 60 meter.
5. Antartika memiliki sebuah gunung berapi aktif
Mungkin tak banyak yang mengetahui, namun dibalik tumpukan es yang ada di Antartika, ada sebuah gunung berapi aktif yang bernama Erebus. Erebus adalah gunung tertinggi kedua di Antartika setelah gunung volkano tak aktif yang bernama Mount Sidley.  -  SOLID GOLD

No comments:

Post a Comment