Monday, November 21, 2016

SOLID GOLD | Pergeseran Kekuatan, Membuat Dollar Melaju Pesat

SOLID GOLD  -  Pergeseran Kekuatan, Membuat Dollar Melaju Pesat

SOLID GOLD PALEMBANG    -    Harian solid (21/11) Indeks dolar Amerika Serikat melanjutkan penguatannya. Ekonom Samuel Sekuritas Indonesia Rangga Cipta mengatakan penguatan indeks dipengaruhi sejumlah faktor.
Menurut Rangga dalam risetnya“Indeks dolar terus menguat, tidak hanya akibat meningginya harapan kenaikan FFR target di akhir tahun. Tetapi juga akibat meningkatnya harapan atas laju kenaikannya pada 2017, yang dipicu oleh perubahan peta politik AS yang diperkirakan lebih ekspansif pada kebijakan fiskal,”
Di sisi lain transisi dana dari obligasi ke saham masih terlihat sejalan dengan kenaikan imbal hasil US Treasury dan tren penguatan S&P 500 di bursa AS.
Seperti diketahui indek USD dan mencetak level tertinggi baru dalam lima tahun perdagangan terkahir. Indeks USD pada perdagangan hari ini dibuka menguat 0,14% ke level 101,35. Pagi tadi indeks dolar AS jadi menguat 0,15% ke level 101,36.
Dengan prospek terpilihnya Donald Trump sebagai presiden AS mengguncang pasar, sumpahnya untuk meningkatkan belanja infrastruktur telah memicu spekulasi pada kenaikan suku bunga acuan, yang mendukung reli terpanjang dolar AS yen sejak tahun 1988.
Sebelumnya, Gubernur The Fed Janet Yellen mengatakan kepada anggota parlemen bahwa bank sentral akan menaikkan suku bunga, dengan spekulasi bahwa presiden terpilih akan meningkatkan stimulus fiskal yang memicu spekulasi atas kebijakan pengetatan di tahun depan 2017.   -   SOLIDGOLD

No comments:

Post a Comment