Tuesday, December 13, 2016

PT SOLID GOLD BERJANGKA | Rupiah Berhasil Menekan Kekuatan USD

PT SOLID GOLD BERJANGKA  -  Rupiah Berhasil Menekan Kekuatan USD
PT SOLID GOLD BERJANGKA PALEMBANG  -  Selasa (13/12) Nilai tukar rupiah dibuka menguat 0,20% atau sebesar 26 poin ke Rp13.305 per USD. Sebelumnya, rupiah berakhir terdepresiasi 0,24% atau sebesar 32 poin ke posisi Rp13.319 per USD setelah diperdagangkan pada kisaran Rp 13.285  –  Rp 13.351 per USD.
Ekonom Samuel Sekuritas Indonesia Rangga Cipta menilai penguatan rupiah sudah terbatas. Seperti diketahui, selama lima hari berturut-turut sebelumnya rupiah telah terapresiasi tajam sebesar 2,07%. Rangga juga menilai penguatan indeks dolar AS ikut memperberat langkah pergerakan rupiah hari ini.
Indeks dolar AS yang melacak pergerakan mata uang dolar terhadap mata uang utama lainnya terpantau stagnan pada level 101,10.
Sementara itu, terkait rencana kenaikan suku bunga the Fed, walaupun pasar global telah mengantisipasi kenaikan FFR target +25bps jauh-jauh hari, tendensi the Fed mengenai prospek 2017 juga akan memengaruhi pergerakan pasar.
Adapun, rupiah masihstabil di perdagangan Jumat walaupun indeks dolar AS naik tajam pasca keputusan ECB dan menjelang FOMC meeting. Beberapa kurs di Asia juga justru menguat pada perdagangan Senin kemarin.
Pada sisi lain, realisasi tax amnesty periode II yang masih di bawah harapan kembali menjadi sumber sentimen negatif menjelang tutup tahun karena ini akan meminta defisit fiskal yang lebih lebar dan diperkirakan mendekati 3% terhadap PDB.  -  PT SOLIDGOLD

No comments:

Post a Comment