Monday, November 28, 2016

SOLID GOLD | Indeks MSCI Bergerak Melemah Akibat WTI Melemah

SOLID GOLD   -   Indeks MSCI Bergerak Melemah Akibat WTI Melemah

SOLID GOLD PALEMBANG   -   Senin (28/11) Pergerakan mayoritas bursa saham di Asia dilaporkan melemah di tengah kekhawatiran akan kesepakatan OPEC yang membebani produsen energi. Indeks MSCI Asia Pacific sedikit berubah ke posisi 135,75 sementara bursa saham Jepang tergelincir dari penguatnnya setelah reli ke level tertinggi sejak Januari pada perdagangan akhir pekan lalu.
Seperti dilansir Bloomberg hari ini, harga minyak mentah melemah pada awal perdagangan pekan ini menyusul pernyataan Arab Saudi yang untuk pertama kalinya menyarankan OPEC agar tidak perlu membatasi produksi.
Di sisi lain, kuatnya data ekonomi dan prospek peningkatan belanja negara di bawah kepemimpinan Presiden terpilih AS, Donald Trump, telah mendorong probabilitas kenaikan suku bunga The Fed serta menimbulkan kerugian pada aset emerging market.
Sejalan dengan pergerakan bursa Asia, masing-masing indeks Kospi Korea Selatan dan indeks S&P/ASX 200 Australia sebelumnya juga dilaporkan melemah 0,2% dan 0,3%. Di sisi lain, indeks S&P/NZX 50 New Zealand naik 0,2%. 
Organisasi negara-negara pengekspor minyak OPEC dijadwalkan akan bertemu di Vienna akhir bulan ini untuk mengupayakan finalisasi pengurangan produksi dalam delapan tahun. Namun, kelompok tersebut hingga kini masih terbagi atas detail pembagian kuota pembatasan.  -   SOLIDGOLD

No comments:

Post a Comment